Oleh: neozam | Maret 28, 2008

Hasil TDS (Tes Daya Serap) Bahasa Indonesia Membingungkan?

Kamis, tanggal 27 Maret 2008, kami guru-guru SMA se-Kota Tarakan, Kaltim sudah menerima hasil Tes Daya Serap untuk SMA/MA. Tes ini diselenggarakan oleh provinsi untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa kelas XII dalam mempersiapkan UNAS yang akan datang.

Jauh sebelum pengumuman hasil tes diberikan, kami sudah mengoreksi dengan tim kecil (bersama guru-guru di sekolah saja) untuk menjawab soal tes daya serap itu, kemudian kami mencocokkan dengan jawaban cadangan siswa (cadangan = saat siswa menjawab di lembar jawaban komputer, mereka juga menjawab silang (X) pada lembar biasa yang disediakan sekolah). Namun anehnya, Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Bahasa, kunci jawaban banyak yang berbeda antara provinsi dengan yang kami buat.

Walhasil, nilai Bahasa Indonesia kelas XII Bahasa pun pasti sangat jauh berbeda, jauh lebih rendah. Misalnya saja, yang tadinya dapat nilai 75 (versi kami) menjadi tidak lulus, hanya mampu meraih nilai 40 (versi provinsi). Mana yang benar yaa…? Untuk Bahasa Indonesia kelas XII IPA/IPS, antara jawaban kami dan provinsi tidak jauh berbeda, namun tetap ada yang berbeda. Kami sudah mengkonfirmasi hal ini ke Dinas Pendidikan, namun belum ada solusi. Ini akan membingungkan siswa dan kami tentunya sebagai guru mereka. Untuk membahas soal-soal TDS itu malah jadi serba salah. Menurut saya, seharusnya ada forum diskusi seperti pertemuan langsung wakil guru setiap wilayah dengan pembuat soal atau via YM atau fasilitas internet lainnya agar perbedaan kunci jawaban bisa dipertanggungjawabkan di forum. Via internet akan lebih hemat daripada pertemuan langsung yang akan membuat anggaran pendidikan provinsi jadi terkuras lagi. Ini demi kepentingan pendidikan, kepentingan anak bangsa.


Responses

  1. Tuh kan, hasil TO UN dari diknas aja B. Indonesia masih terbilang kurang memuaskan.

    —————————————————————————————-

    iya, apalagi yang lain yaa…. thanks atas komentarnya…

  2. Bahasa memang rumit. Entah apakah bisa diukur dengan Ujian Tulis

    Salam
    TB

    ——————————————————————————

    Ya, memang sulit diukur dengan hanya ujian tulis. Seharusnya nilai unas tertulis digabung dengan nilai praktik dan hasilnya itulah yang menjadi nilai terakhir untuk menentukan kelulusan, tidak hanya kelulusan tapi nilai hasil gabungan tulis – praktik itulah yang akan tertera di SKHU siswa. Selama ini nilai ujian tulis dipisah, menandakan seolah-olah teori lebih unggul kedudukannya dari praktik.

    Thanks atas komentarnya…….

  3. aduh hasilnya tapi kok nggak nyampe di sekolah ya. katanya di sebagian sekolah ada yang sudah dapat hasilnya tapi sebagian lagi belum. kata beberapa murid di sekolah yang sudah menerima hasill tes daya serap tersebut, hasilnya dapat di lihat di internet..ada yang tahu lamatnya nggak Ya?…

  4. Asss….. sebelumnya saya mengucapkan banyak terima atas info hasil tds. Marilah kita bersama-sama untuk berpikir lebih jauh tentang hasil tds yang tampaknya kian tahun kian menurun. Saya harap untuk tidak saling menyalahkan khususnya di lingkungan pendidikan itu sendiri, yang harus kita lakukan untuk kelanjutan generasi yang akan datang adalah perlu adanya kerjasama dari pihak sekolah-masyarakat dan pemerintah serta orang tua itu sendiri. Perlu juga saya sampaikan perlunya pengeditan soal yang lebih komprehensif shgg tidak membingungkan peserta didik.

  5. mau tanya…
    apakah hasil TDS kemarin ada di situs resmi??

    mohon pemberitahuannya…

  6. kirim saja lewat ID heku_halwa@yahoo.com

    terima kasih
    wassalam

  7. kfo ncdj …..nfksond nxy


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: